Rabu, 02 November 2016

Jenis - jenis genre novel

Genre Novel – Tentu saja ada banyak novel yang beredar untuk kalian baca. Mengetahui genre mana yang kalian inginkan akan mempermudah mencari novel tersebut bukan? Genre akan berhubungan dengan pasaran konsumen kalian nantinya, penulis cerita roman misalnya akan digandrungi oleh orang-orang yang suka hal-hal romantis, melankolis, dan hal-hal seperti itu. Atau horror, atau fantasi, dan lain-lain.
1.    
             1. Fantasy

Fantasy, sesuai dengan namanya kisah –kisah rekaan  yang sangat imajinatif, bahkan setting tempat dalam cerita biasanya tidak mungkin ada dikehidupan nyata. Harry Potter dan Twilight adalah contoh dari novel Fantasy
.
2.     
             2. Romance

Romance, genre ini biasanya bercerita tentang kisah cinta (seringnya yang mendayu-dayu dan super melankolis) tentang penyesalan, penerimaan, dan hal-hal lain semacam itu. setting tempatnya biasanya diambil tempat-tempat eksotis dan romantis seperti paris, korea, itali. Dan penokohannya akan tergantung pada seberapa glamor salah satu tokoh dan betapa urakannya tokoh yang lain. Dan ajaibnya kemudian mereka saling jatuh cinta.  
3.               
            3. Science Fiction (fiksi ilmiah)

Science Fiction (Fiksi Ilmiah), Genre ini berbeda dengan genre fiksi yang biasanya. Jiga fiksi hanya memerlukan penulisnya mempunyai imajinasi lebih dalam mengarang. Maka fiksi ilmiah menuntut pengetahuan lebih dari pengarang tentang ilmu pengetahuan, baik umum maupun khusus. Ini karena cerita yang diangkat akan mengandung pemahaman ilmu pengetahuan seperti fisikan dan hukum-hukum alam semesta lainnya untuk memperkuat daya pikat tulisannya. Contohnya adalah novel Supernova episode Kesatria, Putri, dan Bintang Jatuh karangan Dewi “Dee” Lestari.
4.      
            4. Horror

Horror, tujuannya tentu saja untuk membuat takut. Genre novel ini mengisi plot critanya dengan ketegangan, ketakutan, kecemasan, dan kehawatiran. Biasanya melibatkan tidak kejahatan serius, hantu, kutukan, atau kejadian-kejadian spiritual.
5.        
 i          5. Mistery

Mystery, novel dengan genre ini cukup popular. Karena dalam ceritanya sendiri, bagian akhir cerita akan sama pentingnya dengan bagian awal. Karena itu, penulis genre misteri haruslah ahli dalam meracik plot cerita yang menarik. Untuk memahami kisah yang disampaikan penulis pada novel dengan genre ini, pembaca hanya akan menerima potongan-potongan kenyataan pada setiap bagiannya. Contoh dari genre ini adalah semua novel detektif, misalnya Sherlock Holmes karangan Sir Arthur Conan Doyle atau si Poirot karangan Agatha Christie.
Hasil gambar untuk sampul novel sherlock holmes dan si poirotHasil gambar untuk sampul novel sherlock holmes dan si poirot
6.       
            6. Teenlit

Teenlit, sesuai dengan namanya, genre novel ini dihususkan untuk kalangan remaja. Teen berarti remaja, dan lit berasal dari kata literature yang berarti tulisas kesusastraan. Cerita yang ditawarkan biasanya dengan plot dan gaya bahasa yang sederhana, agar mudah dimengerti pembaca. Dan biasanya teenlit dibaca hanya untuk mengisi waktu luang dan memberikan kesenanangan pribadi (pembaca tidak dituntut untuk berfikir tentang makna yang lebih luas). Biasanya mengangkat cerita Roman, atau sejenisnya.
Hasil gambar untuk sampul novel teenlitHasil gambar untuk sampul novel teenlit
7.      
            7. Chicklit

Chicklit, genre novel ini dibuat khusus untuk wanita. Cerita yang diangkat biasanya seputar permasalaan yang dihadapi oleh seorang wanita pada umumnya. Sebenarnya siapapun bisa-bisa saja membaca novel ini, tapi biasanya cerita dari genre novel ini lebih rumi dari Teenlit, bahkan terkadang novel Chicklit mengandung unsur dewasa yang oleh remaja awal mungkin belum dapat diterima.
8.       
Hasil gambar untuk sampul novel chicklitHasil gambar untuk sampul novel chicklit
           8. Komedi

Komedi, jenis ini sesuai namanya akan mengandung banyak unsur komedi. Karena tujuannya memang untuk membuat pembaca tertawa. Contohnya adalah novel radikus makan kakus karangan Raditya Dika.
9.       
Hasil gambar untuk sampul novel komedi
            9. Inspirasi

Inspirasi, sub-genre ini biasanya adalah novel-novel yang sarat akan pesan moral. Tujuannya adalah untuk menginspirasi pembaca dengan ajaran-ajaran yang disampaikannya. Contohnya adalah novel Laskar Pelangi karangan Andrea Hirata dan Negri 5 Menara karangan A. Fuadi

Hasil gambar untuk sampul novel laskar pelangi dan negeri 5 menara
10.Thriller

Thriller, novel thriller selalu menceritakan tentang masalah hidup atau mati. Seringkali cerita dalam novel berkaitan dengan kejahatan atau tindakan supranatural, namun akar cerita tetap pada bagaimana tokoh utama dapat bertahan hidup.
1    
Hasil gambar untuk sampul novel thriller dan songlit
S          11. Songlit
       

      Songlit, sederhananya, genre novel ini mengubah sebuah lagu menjadi novel. Lirik lagu tersebut menjadi          judulnya, dan isi lagu tersebut menjadi keseluruhan jalan cerita novelnya.
Hasil gambar untuk sampul novel songlit

2 komentar:

  1. Kalau satu buku masukkan pelabagai jenis certa pendek tp berlainan genre. Genre ap yg sesuai untuk buku tu?

    BalasHapus